Header Ads

Seo Services

10 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Virus adalah suatu program atau software yang dibuat dengan maksud untuk merusak atau mengganggu kinerja suatu komputer.

Biasanya komputer atau laptop yang sudah terinveksi akan menjadi lambat atau bahkan tidak bisa digunakan. Apalagi kalau kerjaan sedang menumpuk dan di kejar proposal makalah atau yang lain pasti membuat kepala kita menjadi pening.

Dan inilah beberapa macam Virus paling berbahaya yang perlu anda ketahui:

1. Jerusalem (Friday 13th) – 1987

Virus komputer ini pertama terdeteksi di Jerusalem pada Oktober 1987. Merupakan virus MS-DOS yang menginfeksi setiap file run yang dapat dikerjakan kecuali COMMAND.COM. Pada tiap hari Jumat tanggal 13, virus Jerusalem menghapus semua file program yang berada pada HardDrive yang terinfeksi, maka dari itu virus komputer ini juga disebut virus Friday 13th.

2. Morris (Internet Worm) – 1988

Virus komputer jenis Worm pertama di dunia ini didistribusikan via internet pada 2 November 1988 dan menyebabkan kerugian hampir USD 100 juta. Virus ini juga menginfeksi lebih dari 6000 komputer di AS termasuk beberapa komputer milik NASA. Bahkan karena kehebohannya ini, virus Morris diabadikan dalam sebuah floppy disk dan dipamerkan dalam Boston Museum of Science.

3. Melissa – 1999

Virus komputer bernama Melissa dikirim melalui email kepada seluruh pengguna email dan virus komputer ini memiliki kemampuan untuk berkembang biak di file Word dan Excel. Virus komputer ini juga diketahui sebagai "Mailissa", "Simpsons", "Kwyjibo", dan "Kwejeebo". Virus Melissa menginfeksi 20% komputer di seluruh dunia.

4. Love Letter ( I Love You/Lovebug) – 2000

Virus email ini menyebar pada tahun 2000 telah menyebabkan kerugian sebanyak $10 Milyar di 20 negara. Virus komputer ini didistribusikan melalui email dengan subjek “I Love You” berisi pesan teks bertuliskan "kindly check the attached LOVELETTER from me" dan lampirannya berjudul “LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.VBS.”. Jika kamu membuka lampirannya maka secara otomatis virus komputer ini akan mereplikasikan dirinya dan mengirim ke semua alamat email dalam email pengguna. File ini juga akan menghapus file .jpg dan .jpeg.

5. Code Red – 2001

Virus komputer berjenis Worm ini diobservasi pada tanggal 15 Juli 2001. Virus Code Red menyerang Microsoft IIS web server. Virus komputer ini merusak halaman web dan meninggalkan teks “Hacked by Chinese!” dan merusak website whitehouse.gov. Kerugian yang disebabkan virus komputer Code Red mencapai USD 2 Milyar.

6. SQL Slammer – 2003

SQL Slammer adalah virus Worm komputer yang menyebabkan penolakan layanan pada beberapa hosting internet dan secara dramatis memperlambat traffic internet. Dimulai pada tanggal 25 Januari 2003 dan menyebar sangat cepat kemudian menginfeksi 75.000 korban dalam waktu sepuluh menit. Virus komputer SQL Slammer menyerang web server yang dijalankan oleh versi rentan Microsoft SQL Server, kemudian menghasilkan alamat Internet Protokol (IP) secara acak.

7. MyDoom (W32.MyDoom@mm, Novarg, Mimail.R, Shimgapi) – 2004

Dikenal sebagai malware terkejam pada tahun 2004, virus komputer ini menginfeksi kurang lebih satu juta komputer. Virus MyDoom terlihat sebagai bouncing email atau email spammer dan ketika pengguna membuka email tersebut maka saat itu pula komputernya terinfeksi. Virus komputer paling berbahaya ini bisa mengunduh file tambahan dan mencuri alamat email kemudian otomatis mengirimkan email pada korban barunya.

8. Poison Ivy – 2005

Poison Ivy adalah remote access Trojan yang mampu mengendalikan komputer yang terinfeksi dari lokasi yang berbeda secara sembunyi-sembunyi. Setelah virus komputer ini diinstal ke komputer, hacker dapat mengontrol komputermu, memanipulasi konten dan mengakses speaker komputer serta webcam untuk merekam audio maupun video. Virus ini adalah mimpi buruk dari segala mimpi buruk computer security.

9. Agen.btz – 2008

Malware atau virus komputer yang berhasil mengacaukan sistem keamanan Pentagon ini bahkan sampai membuat Pentagon mendirikan departemen militer US Cyber Command untuk mengatasi agent.btz. Disebarkan melalui thumb drive lalu menginstal malware dan mencuri data-data penting. Agent.btz ini juga dikenal sebagai Agent.AWF yang menyerang sistem operasi Microsoft Windows.

10. BlackShades – 2014

BlackShades, virus komputer yang terbilang baru ini menjangkiti lebih dari 100 negara dan menyerang perangkat lunak pada komputer. Virus komputer bekerja dengan cara mengambil alih komputer. Virus BlackShades atau yang disebut juga BlackShader ini memungkinkan hacker untuk mencuri informasi pribadi, mencegat pesan penting dan membajak kamera pada komputer atau webcam untuk digunakan secara diam-diam demi kepentingan hacker tersebut.

No comments:

Powered by Blogger.